Kabupaten Bangka Barat Mulai Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Jemaah Haji Tahun 2020

Wed, 11/09/2019 20:29:50   | Dilihat : 309   Penulis : Pusat Kesehatan Haji

Kab. Bangka Barat, 10 September 2019 - Bertempat di Graha Aparatur Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Propinsi Bangka Belitung, sebanyak 130 orang Jemaah yang tergabung di 6 wilayah Puskesmas asal Kabupaten Bangka Barat dengan jumlah Jemaah terbanyak berasal dari kecamatan Muntok.

Tepat jam 6 pagi, Jemaah Haji melakukan skrining kesehatan sebagai awal dilakukannya pemeriksaan kesehatan Jemaah haji untuk keberangkatan tahun 2020. Pemeriksaan yang dilakukan terdiri dari pengukuran tinggi dan berat badan, tekanan darah, gula darah, dan kolesterol dilanjutkan dengan pengukuran rockport dan six minute walking test.

Dari data Siskohatkes tahun 2019, jemah haji asal Kabupaten Bangka Barat dengan jumlah Jemaah sebanyak 1255 orang tercatat satu orang yang dirawat inap di Arab Saudi karena Dehydrasi juga tidak ada Jemaah yang ditanazulkan dan yang wafat di Arab Saudi semuanya kembali dengan sehat dan selamat.

Dari laporan pengelola program Haji Jemaah haji asal Kabupaten Bangka Barat ini minim yang ikut program KBIH karena memang kelompok bimbingan tersebut hanya dikelola 1 yayasan saja untuk seluruh Kabupaten Bangka Barat dan untuk manasiknya umumnya mereka hanya terpapar dengan program Kementerian Agama yang dilakukan oleh KUA di tingkat kecamatan masing-masing.

Acara di buka secara resmi oleh dr.Hendra selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, dalam sambutannya dia menyampaikan rasa terimakasih kepada Dinas Kesehatan Propinsi dan Pusat Kesehatan Haji yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ini yang dibiayai dari sumber dana dekonsentrasi.

Selanjutnya acara diisi dengan pemberian materi yang disampaikan oleh Kakanmenag Kabupaten Bangka Barat, Pusat Kesehatan Haji dan Dinkes Propinsi Bangka Belitung.

Sebagai penutup dilakukan sesi foto bersama yang dilakukan berdasarkan wilayah puskesmas asal Jemaah haji masing-masing. (AH)