Pelepasan Kloter 1 Embarkasi Makassar

Sun, 07/07/2019 21:03:24   | Dilihat : 187   Penulis : Pusat Kesehatan Haji

Makassar, 7 Juli 2019 - Pelepasan Jemaah Haji kloter 1 Embarkasi Makassar berangkat  dari Asrama Haji Sudiang Makassar tanggal 7 Juli 2019 jam 13.30. Kloter 1 ini terdiri dari 450 orang dan 5 orang petugas kloter berasal dari Kota Makassar.

Mereka berangkat melalui Bandara Internasional Sultan Hassanuddin Makassar menggunakan pesawat Garuda dengan kapasitas 455 tempat duduk yang terbang langsung menuju bandara Prince Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMA) Madinah.

Dalam pelepasan kloter 1 ini hadir Gubernur Sulawesi Selatan, Komisi VIII DPR RI, Kepala Badan PPSDM Kesehatan, Komisi E DPRD dan Kepala Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan

H. Anwar Abu Bakar, Spd selaku ketua PPIH embarkasi Makassar dalam laporannya mengatakan bahwa  jemaah tertua 102 tahun, dan termuda berusia 17 tahun. Total Jemaah 17.911 terdiri 8 provinsi ( Sulawesi, Selatan, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat) dalam 40 kloter. 

Dalam sambutan dan arahan Menteri Kesehatan yang diwakili oleh Kepala Badan PPSDM Kesehatan, drg. Usman Sumantri, MSc  menyampaikan bahwa waktu yang ditunggu-tunggu khususnya jemaah haji sudah tiba untuk menunaikan rukun Islam kelima, "Selamat menunaikan ibadah haji, semoga selalu dalam lindungan dan bimbingan Allah SWT dapat menjalankan seluruh rangkaian ibadah dengan lancar, kembali ke tanah sehat dan selamat dengan predikat haji mabrur", ucap drg Usman kepada 450 orang jemaah kloter pertama ini.

Ada 5 pesan yang disampaikan drg. Usman untuk menyiapkan diri agar bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi di Arab Saudi :
1. Menjaga kondisi kesehatan, jika ada gangguan kesehatan hubungi petugas kesehatan di kloter;
2. Tidak melakukan aktifitas fisik yang tidak berhubungan dengan ibadah secara berlebihan;
3. Istirahat yang cukup, disela aktifitas fisik;
4. Menjaga perilaku hidup bersih dan sehat; dan
5. Perkuat persaudaraan, saling menjaga sehingga terhindari dari perselisihan yang akan mengganggu semangat menunaikan ibadah haji

Komisi VIII DPR Syamsurizal dalam sambutannya mengatakan agar jemaah haji menjaga kesehatan dan saling membantu satu sama lain. 

Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Ir. Nurdin Abdullah, M.Agr dalam sambutannya berpesan kepada jemaah haji agar jaga kondisi fisik, agar saling tolong menolong, berdoa di tempat makbul agar mendoakan kita, pemimpin kita dan negara. Pada kesempatan ini Nurdin yang melepas kloter 1 dengan menyerahkan bendera merah putih kepada ketua kloter. (EN)