Mengenal Kesehatan Haji di Pembekalan Petugas Pendukung PPIH Arab Saudi

Tue, 18/06/2019 22:49:43   | Dilihat : 214   Penulis : Pusat Kesehatan Haji

Jeddah, 18 Juni 2019 - Peserta Pendukung PPIH yang terdiri dari Tenaga Pendukung PPIH umum dan Tenaga pendukung Kesehatan (TPK) hari ini berantusias mendengarkan penjelasan tentang kesehatan haji di ruang pertemuan KUH, Jeddah Arab Saudi (18/6).

"Sebagai petugas yang melayani jemaah haji harus mengetahui tentang kesehatan haji," tutur Najmi Komariyah, SKM, MKM yang mewakili Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan. "Ada 5 faktor yang mempengaruhi kesehatan haji selama di Arab Saudi, seperti Berkumpulnya Massa, Lingkungan Sosial, Fasilitas Pelayanan, Aktifitas Fisik dan Perjalanan dapat mengakibatkan penyakit baru ataupun memperberat penyakitnya dan menyebabkan jemaah dirawat ataupun meninggal yang berimplikasi pada rukun dan wajib haji jemaah tersebut tidak dijalankan," tutur Najmi.

Beberapa pertanyaan mengenai tips melaksanakan tugas pelayanan kesehatan dilayangkan oleh peserta pertemuan dan dilanjutkan dengan kelas Competence Based Training (CBT) dimana peserta dibagi kelas berdasarkan kompetensinya. 

"Memang ada keterbatasan sarana, namun kita harus berubah, kali ini pertama menggunakan CBT dan TPK masih ikut kelas CBT Tenaga pendukung PPIH umum," tutur Staf Teknis Urusan Haji, Endang Jumali. Beliau berharap pada pelatihan tahun depan TPK juga memiliki kelas CBT sesuai dengan kompetensinya. (NK)