Jemaah Haji Diajak Mensyukuri Nikmat Sehat dengan Menjaga Kesehatan

Tue, 18/06/2019 12:51:26   | Dilihat : 152   Penulis : Pusat Kesehatan Haji

Tanjung Jabung Barat, 18 Juni 2019 - Nikmat Allah Subhana wa taala yang paling besar adalah nikmat iman yang mengantarkan seseorang mudah menjalankan ibadah, termasuk ibadah haji. Namun, nikmat kesempatan dalam menjalankan ibadah haji tidak mungkin dapat dilaksanakan tanpa nikmat yang lain, yaitu nikmat sehat. 
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ
Dari Ibnu Abbas, dia berkata: Nabi bersabda: “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang”. [HR Bukhari].

Dan salah satu cara mensyukuri nikmat sehat adalah dengan menjaga nikmat tersebut agar jemaah haji senantiasa berada dalam kondisi sehat. Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan mengikuti himbauan dari petugas kesehatan dengan baik sehingga jemaah haji dapat beribadah dengan baik.

Pesan tersebut disampaikan oleh Kepala Subbidang Penyuluhan dan Pembimbingan Kesehatan, dr. Muhammad Imran, MKM yang mewakili Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan pada kegiatan Pembinaan Kesehatan Jemaah Haji di kabupaten Tanjung Jabung Barat. 

Himbauan kesehatan yang perlu diperhatikan oleh jemaah haji sebelum berangkat antara lain:
1. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur
2. Makan makanan gizi seimbang
3. Melakukan aktivitas fisik secara teratur
4. Istirahat yang cukup 
5. Bagi Jemaah Haji Risiko Tinggi dan memiliki penyakit, agar membawa bekal obat yang cukup 

Pada saat di Arab Saudi jemaah haji dianjurkan untuk minum air yang cukup, mengenakan alat pelindung diri, istirahat yang cukup dan makan sebelum beribadah.

Kegiatan pembinaan kesehatan jemaah haji dilaksanakan di lapangan PERSITAJ dan dihadiri sebanyak 200 jemaah haji. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan oleh Kasie Surveilans dan Imunisasi Dinkes Provinsi Jambi dan diakhiri dengan manasik ibadah haji ringkas dan pembacaan doa oleh Kasie Haji Kantor Kemenag Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Jemaah yang hadir dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pengukuran kebugaran. (CK)