Psikometri Petugas Kesehatan Haji Indonesia

Tue, 30/01/2018 08:15:14   | Dilihat : 2575   Penulis : SUPER ADMIN

Setelah melalui beberapa tahapan proses seleksi akhirnya rekrutmen Petugas Kesehatan Haji Indonesi (PKHI) memasuki tahapan selanjutnya yaitu tes Psikometri.

Tes Psikometri merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk mengukur bakat, kepribadian, tingkah laku, dan kemampuan kognitif individu apakah sesuai dengan suatu peran atau posisi yang akan diberikan kepadanya.

Tujuan dilaksanakannya tes psikometri pada tahapan rekrutmen PKHI adalah untuk menilai kelaikan seseorang apakah mampu menjalankan tugas menjadi PKHI, sebagaimana kita ketahui bahwa selama bertugas di Arab Saudi, petugas akan dihadapkan pada kondisi dan situasi yang berbeda dengan Indonesia. Mulai dari beban kerja, cara kerja, situasi kerja, ritme kerja bahkan cuaca di Arab Saudi yang sangat berbeda dapat mempengaruhi psikologis PKHI.

Tes psikometri digunakan karena nilai objektifitasnya lebih tinggi dibanding dengan penilaian pribadi seseorang secara langsung.

Jenis Tes Psikometri

Tes psikometri dilakukan dengan cara memberi kuesioner, tes kepribadian dan wawancara dengan dokter spesialis jiwa. Didalam tes psikometri mengandung beberapa jenis tes psikometri yaitu : tes sikap, tes IQ, tes kepribadian, tes minat, tes bakat, tes seksologi dan tes neuropsikologi.

Tes Kepribadian

Bertujuan untuk melihat kecenderungan seseorang dalam berperilaku, seperti mengukur kemampuan dalam memecahkan masalah, berhubungan dengan orang lain, menghadapi emosi dan menghadapi diri sendiri.

Tes kepribadian yang sering digunakan dalam tes psikometri adalah tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory). MMPI ini merupakan tes untuk mengukur kepribadian orang dewasa dari berbagai aspek

Tes Bakat dan Minat

Sebelum mengetahui tujan dilakukan pengukuran bakat dan minat perlu diketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud bakat dan minat. Bakat adalah potensi yang dimiliki seseorang namun perlu dikembangkan dan dilatih agar menjadi lebih cakap dan memiliki keterampilan khusus. Sedangkan minat adalah aktifitas atau tugas-tugas yang membangkitkan perasaan ingin tahu, perhatian, kesenangan dan kenikmatan pada seseorang. Minat dapat menjadi indikator seseorang  diwilayah mana seseorang akan termotivasi untuk mempelajarinya. Maka bakat akan sulit berkembang dengan baik jika tidak diawali dengan minat.

Tes ini digunakan untuk mengukur kemampuan alami seseorang dalam menyelesaikan tugas yang tidak dikuasai sebelumnya, dan melihat kemampuan seseorang dalam memahami hal baru.

Tes IQ

Pada awalnya instrumen psikometri dirancang untuk mengukur konsep kecerdasan.instrumen yang paling terkenal adalah tes IQ Stanford Binet yang dikembangkan oleh psikolog Alfred Binet Perancis.

Tes IQ mengukur kapasitas faktor kecerdasan seseorang secara umum.

Demikian sekelumit tentang tes psikometri, semoga dapat memberikan gambaran mengapa tes psikometri perlu dilakukan pada proses seleksi rekrutmen PKHI.

Nantikan tips-tips menghadapi tes psikometri pada artikel selanjutnya.

Salam. (MMi)